Thursday, January 24, 2013

Keyword Research Pada Tahap Awareness Untuk Brand Building

Keyword research penting dilakukan sebelum kita menjalankan AdWords Campaign atau SEO karena keyword adalah penentu awal apakah kampanye kita akan sukses atau tidak. Keyword merupakan kata kunci yang ingin kita targetkan. Dalam kampanye AdWords, keyword dapat dengan mudah kita tentukan di dashboard AdWords. Misalnya kita ingin ketika orang mengetikkan kata toko online di Google website kita akan muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka untuk itu kita tinggal menginput toko online sebagai keyword ke dalam kampanye AdWords. Sedangkan untuk SEO kita harus melakukan beberapa hal untuk tujuan tersebut. Saya tidak akan membahas mengenai cara untuk melakukan penargetan keyword di AdWords dan SEO, tetapi saya ingin membahas terlebih dahulu mengenai karakteristik keyword sehingga kita dapat mengenal keyword yang akan kita gunakan.

Jumlah pencarian tiap keyword berbeda-beda, ada keyword yang memiliki jumlah pencarian yang tinggi ada juga yang memiliki jumlah pencarian yang rendah. Ada yang memiliki jumlah konversi yang tinggi dan ada juga yang rendah. Konversi adalah sesuatu yang kita ingin pengunjung website lakukan, misalnya pembelian online.

Untuk mengerti karakteristik keyword, kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana orang melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Ada lima tahap yang dalam proses tersebut.

  1. Awareness
  2. Interest
  3. Learning
  4. Shopping
  5. Buying
Keyword yang akan kita gunakan akan jatuh pada salah satu tahap tersebut. Konsumen akan masuk pada salah satu tahap tersebut dan tidak selalu masuk melalui tahap paling awal (awareness). Bisa saja konsumen masuk pada tahap learning.

Saya akan membahas mengenai tahap awareness terlebih dahulu. Pada tahap ini konsumen mengetahui adanya produk kita. Tugas pemasar untuk memastikan bahwa target market mereka mengetahui adanya produk yang mereka miliki. Korelasinya dengan keyword research adalah pada tahap ini biasanya digunakan keyword yang general misalnya “mobil”. Keyword pada tahap ini biasanya memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tetapi tingkat konversinya rendah. Karena konsumen masih belum menentukan mobil jenis apa yang akan mereka pilih, merek apa dan hal lainnya. Jika kita memiliki produk atau jasa yang brand-nya belum banyak dikenal ada baiknya kita menggunakan keyword ini. Keyword general ini dapat membantu dalam membangun brand awareness kepada konsumen kita.

No comments: