Thursday, January 24, 2013

Search Engine Marketing Bukanlah AdWords, Why Do I Care?

Salah kaprah Search Engine Marketing pernah saya bahas sebelumnya. Mungkin di Indonesia memang yang lebih populer yaitu AdWords adalah sama dengan SEM, tetapi sebagai praktisi di dunia SEM saya merasa berkewajiban untuk meluruskan penggunaan istilah tersebut. Walaupun di luar Indonesia, ada juga yang mengatakan SEM hanya platform paid search yang dimiliki oleh Google, Yahoo, Bing dan search engine lainnya. Tetapi tetap saja pengertian yang mereka gunakan tidak mengatakan Google AdWords secara keseluruhan merupakan SEM.

Saya tidak ingin salah kaprah mengenai Search Engine Marketing ini dibiarkan di Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang cukup pesat. Sehingga ketika tiap usaha di Indonesia sudah sadar akan pentingnya SEM, definisi SEM yang digunakan tepat. Jangan sampai seperti penggunaan kata Busway (Jalur bis) yang digunakan untuk menggambarkan bis Trans Jakarta.

Search Engine Marketing di Indonesia makin bertumbuh pesat. Orang – orang mulai menggunakan search engine untuk melakukan riset mengenai suatu hal. Karena dengan menggunakan search engine akan sangat memudahkan riset tersebut, apalagi jika pencarian digunakan dengan tepat seperti dengan menggunakan advanced search operator.

Bukannya saya ingin sok menggurui, tetapi saya hanya berusaha meluruskan salah kaprah tersebut. Saya menyukai industri Search Engine Marketing. Sebuah industri yang masih baru di Indonesia, tapi jangan sampai masa awal industri ini dimulai dengan penggunaan istilah yang kurang tepat. Jangan sampai menjadi kebiasaan sehingga akhirnya dibenarkan. Mari menggunakan kata yang tepat untuk menggambarkan maksud kita.

No comments: