Sunday, January 20, 2013

Search Engine Marketing Adalah SEO Ditambah Paid Search

Search engine marketing adalah sebuah bagian dari usaha marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di search engine, baik dengan cara SEO (Search Engine Optimization) maupun Paid Search. SEO merupakan usaha yang dilakukan agar website kita dapat mencapai ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian search engine. Jika ranking sebuah website di halaman hasil pencarian search engine lebih tinggi diharapkan traffic website akan meningkat, yang artinya meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di website kita. Karena sebagian besar klik yang terjadi di search engine, terjadi di halaman pertama. SEO membutuhkan usaha yang konsisten dan merupakan sebuah investasi jangka panjang, sehingga jangan harap hasil yang maksimal dalam jangka waktu sebulan dua bulan. Tapi, ada cara lain untuk muncul di halamn pertama hasil pencarian search engine yaitu paid search (search berbayar).

Search engine marketing sering kali disalahartikan sebagai paid search. Padahal, SEM merupakan bauran antara SEO dan Paid Search. Lebih parahnya lagi jika SEM diasosiasikan dengan Google AdWords yang merupakan platform beriklan dari Google. Perlu dipahami walaupun Google merupakan search engine, tetapi platform beriklan yang dimilikinya memungkinkan advertiser untuk memunculkan iklan di jaringan Google seperti Youtube (yang pasti sudah tidak berkaitan dengan search engine, karena iklan di Youtube akan berupa image atau video).

Ciri khas search engine marketing adalah keyword. Jika dianalogikan Search engine merupakan media Televisi yang memiliki berbagai program acara dengan range penonton yang luas, dari muda hingga tua, dari kelas sosial ekonomi menengah atas hingga menengah bawah. Tetapi, tiap program punya audience-nya sendiri2. Ada program acara yang memang paling banyak ditonton oleh pria dan ada juga oleh wanita. Tiap program acara punya karakteristiknya masing – masing. Nah, program acara ini yang dinamakan keyword jika dihubungkan dengan SEM. Jika kita menginginkan hasil yang efektif dan efisien maka kita diharuskan cerdas dalam memilih keyword mana yang akan kita incar. Bagaimana pemilihan keyword tersebut sehingga apa yang kita lakukan di search engine tidak sia sia? Di posting berikutnya, saya akan bahas hal tersebut sehingga search engine marketing kita memiliki hasil yang maksimal.

No comments: